Remaja Wajib Tahu! Inilah 4 Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi!

Saat anak menginjak usia remaja, orang tua terkadang menjadi sangat khawatir karena pergaulan yang bebas dapat berdampak buruk pada anak. Penting bagi orang tua untuk mengajarkan pendidikan seks sejak dini kepada anak agar mereka paham dan dapat menjaga diri dengan baik. Selain itu, para remaja juga harus memahami cara menjaga kesehatan reproduksi. Yuk simak ulasannya di sini!

Cara Menjaga Organ Reproduksi Tetap Sehat

1. Waspadai Berbagai Penyakit Seksual Menular

Penyakit seksual dapat menular dengan cara melakukan hubungan seks tanpa alat pelindung. Dengan begitu akan ketahuilah riwayat penyakit pasangan anda agar dapat menghindari penularan tersebut. Di Indonesia data penderita penyakit seksual belum dapat dicatat dengan akurat. Akan tetapi, hal itu bukan berarti membuat para remaja acuh tak acuh mengenai penyakit seksual yang menular.

2. Gunakan Alat Kontrasepsi

Salah satu cara menjaga organ reproduksi tetap sehat adalah tidak melakukan seks bebas. Jika para remaja telah melakukan hubungan seksual, sebaiknya gunakan alat kontrasepsi seperti kondom. Kondom dapat mencegah penularan penyakit seksual, seperti AIDS, gonore, klamidia, sifilis, dan lainnya. Selain itu, kondom merupakan pilihan tepat untuk mencegah kehamilan.

3. Proaktif dengan Kondisi Kesehatan

Para remaja harus lebih mewaspadai penyakit yang ada pada tubuh. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Bagi wanita, salah satu penyakit yang harus diwaspadai adalah kanker serviks. Kanker ini menjadi pembunuh nomor 2 untuk wanita. Oleh karena itu pemeriksaan rutin bisa mencegah penyakit ini terlambat ditangani.

4. Cari Pasangan yang Menghargai Anda

Penting bagi setiap remaja selektif dalam memilih pasangan. Pastikan pasangan anda menghargai pilihan untuk menjaga kesehatan reproduksi dengan tidak melakukan seks bebas. Dengan begitu, anda juga dapat menghindari penularan penyakit seksual setelah melakukan hubungan seksual. Selain itu, tindakan tersebut menjaga hubungan tetap sehat karena saling menghargai.

Remaja adalah masa yang tepat untuk mengeksplor segala hal di sekitar. Banyak hal yang menjadi keingin tahuan, seperti identitas diri, gender, dan seksualitas. Oleh karena itu peran orang tua sangat penting karena dapat mengarahkan putra putrinya agar tidak terjerumus. Memberikan edukasi mengenai pentingnya kesehatan alat reproduksi juga harus dilakukan sejak dini, dengan 4 cara tersebut. Sudahkah anda melakukannya?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy